BLANTERVIO104

Pertemuan Ke-4 : Makanan & Minuman

Pertemuan Ke-4 : Makanan & Minuman
Rabu, 23 Agustus 2023


Pertemuan 4 Bahasa Arab oleh Muhammad Abdun Jamil
القاعدة :

 النعت و المنعوت

Contoh-contoh:

الأمثلة:

Ini adalah kitab yang bermanfaat

هذا كتابٌ مفيدٌ.

Aku membaca kitab yang bermanfaat

قرأت كتابًا مفيدًا.

Aku melihat kitab yang bermanfaat

نظرت في كتابٍ مفيدٍ.

***

Ini adalah lapangan yang luas

هذا ميدانٌ فسيحٌ.

Aku melihat lapangan yang luas

رأيت ميدانًا فسيحًا.

Aku berlari di lapangan yang luas

جَرَيْتُ في ميدانٍ فسيحٍ.

***

Bunga mawar yang indah bermekaran

تفتحت الوردةُ الجميلةُ.

Aku memetik bunga mawar yang indah

قطفت الوردةَ الجميلةَ.

Aku mellihat bunga mawar yang indah

نظرت إلى الوردةِ الجميلةِ.



البحث:

كُلُّ كَلِمَةٍ مِنَ الْكَلِمَاتِ الثَّلَاثِ: مُفِيْدٌ، فَسِيْحٌ، اْلجَمِيْلَة. تَنْعَتُ اْلاِسْمَ الَّذِيْ قَبْلَهَا، أَيْ       تَدُلُّ عَلَى صِفَةٍ فِيْهِ، وَلِذَلِكَ تُسَمَّى نَعْتًا، وَيُسَمَّى اْلاِسْمُ الَّذِيْ قَبْلَهَا مَنْعُوْتًا.

وَإِذَا تَأَمَّلْتَ كُلَّ نَعْتٍ مِنْ هَذِهِ النُّعُوْتِ الثَّلَاثَةِ وَجَدْتَهُ يَتْبَعُ الْمَنْعُوْتَ فِي رَفْعِهِ وَنَصْبِهِ       وَجَرِّهِ. فَكَلِمَةُ "مُفِيْد" فِي الْأَمْثِلَةِ الثَّلَاثَةِ الْأُوْلَى جَاءَتْ مَرْفُوْعَةً ثُمَّ مَنْصُوْبَةً ثُمَّ       مَجْرُوْرَةً، تَبِعَ الاسمَ الْمَذْكُوْرِ قَبْلَهَا، وَكَذَلِكَ اْلكَلِمَتَانِ: "فَسِيْح، وَالْجَمِيْلَة" فِي الْأَمْثِلَةِ الْبَاقِيَةِ. وَهَذَا عَامَ فِي كُلِّ كَلِمَةٍ تَنْعَتُ مَا قَبْلَهَا.


Pembahasan:

Setiap contoh dari kalimat yang tiga: (مفيد، فسيح، الجميلة), mensifati isim sebelumnya, atau menunjukkan sifat yang ada padanya, oleh karena itu dinamakan dengan NA'AT, dan dinamakan isim yang sebelumnya dengan MAN'UT (yang disifati).

Jika anda perhatikan setiap na'at yang tiga ini, anda akan menemukannya mengikuti man'ut pada rafa' nya,nashabnya, dan jar nya. Maka kata ‘مفيد’ pada ketiga contoh pertama dalam keadaan marfu’ (dhammah di akhir), kemudian manshub (fathah di akhir), kemudian majrur (kasroh di akhir) mengikuti isim sebelumnya, begitupun dengan dua kata  ‘فسيح  dan  الجميلة’ pada contoh terakhir (juga dalam keadaan demikian). Dan ini berlaku secara umum untuk kata yang mengikuti kata sebelumnya.


القاعدة :


النَّعْتُ لَفْظٌ يَدُلُّ عَلَى صِفَةٍ فِي ْاسمٍ قَبْلَةٌ، وَيُسَمَّى اْلِاسْمُ الْمَوْصُوْفُ مَنْعُوْتًا.


النَّعْتُ يَتْبَعُ اْلمَنْعُوْتُ فِي رَفْعِهِ وَنَصْبِهِ وَجَرِّهِ.


Share This Article :
M. Abdun Jamil, M.Pd

Saya adalah seorang peminat designer blog/website, maklum masih tahap belajar. Seorang designer blog membutuhkan proses yang panjang, butuh ketelitian, kesabaran, keuletan dan yang pasti jangan menyerah, do the best.

Tambah Komentar

5784226817459633728