BLANTERVIO104

Qhosos Al-Quran

Qhosos Al-Quran
Rabu, 08 Mei 2024
Pengertian Qashash al Qur-an merupakan kejadian, cerita atau kisah dalam al-Qur'ān yang menceritakan hal-ihwal umat-umat terdahulu dan Nabi-Nabi mereka dan peristiwa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan akan terjadi. (RIZKI NR)

Manna' al-Qaththan membagi qashash al-Qur'an kepada tiga kategori; 
  1. (ROFI) kisah para nabi; 
  2. (RIFQI) kisah-kisah yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lalu dan orang-orang yang tidak dipastikan kenabiannya; 
  3. (ABID) kisah- kisah yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa Rasulullah.
Mempelajari tentang Qashash Al-Qur'an memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
  1. (IDRIS) Menambah khazanah keilmuan: Mempelajari Qashash Al-Qur'an dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah dan kenabian masa lalu, serta peristiwa-peristiwa yang telah terjadi, sehingga meningkatkan khazanah keilmuan dalam bidang ulum Al-Qur'an. 
  2. (AMEL) Mengembangkan kesadaran sejarah: Mempelajari Qashash Al-Qur'an dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan kepedulian terhadap peristiwa-peristiwa masa lalu, serta bagaimana mereka mempengaruhi kehidupan umat manusia sekarang.
  3. (SISKA) Meningkatkan pemahaman Al-Qur'an: Mempelajari Qashash Al-Qur'an dapat meningkatkan pemahaman tentang isi dan makna Al-Qur'an, serta bagaimana ayat-ayat Al-Qur'an digunakan untuk memberikan petunjuk dan pelajaran.
  4. (HUSNUL) Meningkatkan kesadaran nilai-nilai agama: Mempelajari Qashash Al-Qur'an dapat meningkatkan kesadaran nilai-nilai agama dan keimanan, serta bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. (NISA) Meningkatkan kemampuan analisis: Mempelajari Qashash Al-Qur'an dapat meningkatkan kemampuan analisis dan interpretasi terhadap isi Al-Qur'an, serta bagaimana ayat-ayat Al-Qur'an digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan keagamaan.

Share This Article :
M. Abdun Jamil, M.Pd

Saya adalah seorang peminat designer blog/website, maklum masih tahap belajar. Seorang designer blog membutuhkan proses yang panjang, butuh ketelitian, kesabaran, keuletan dan yang pasti jangan menyerah, do the best.

Tambah Komentar

5784226817459633728