BLANTERVIO104

Rencana Pembelajaran Semester Bahasa Arab RPL

Rencana Pembelajaran Semester Bahasa Arab RPL
Sabtu, 12 Oktober 2024

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Program Studi: Pendidikan Bahasa Arab
Mata Kuliah: Maharah Istima'
Kode Mata Kuliah: PBA0112
Semester: 5 RPL
SKS: 2 SKS
Dosen Pengampu: M. Abdun Jamil, M.Pd
Tahun Akademik: 2024/2025

1. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Maharah Istima' bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan dalam bahasa Arab secara aktif dan efektif. Mahasiswa akan dilatih untuk memahami berbagai jenis teks lisan, baik formal maupun nonformal, melalui berbagai kegiatan seperti mendengarkan percakapan, pidato, berita, dan cerita dalam bahasa Arab. Keterampilan ini penting dalam mendukung kemampuan berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Arab.


2. Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami berbagai jenis teks lisan dalam bahasa Arab dengan baik.
  2. Mengidentifikasi informasi utama dan detail dalam percakapan dan teks lisan.
  3. Mengembangkan keterampilan mendengarkan aktif melalui latihan yang sistematis.
  4. Menggunakan strategi mendengarkan yang efektif dalam memahami konteks komunikasi bahasa Arab.
  5. Melatih keterampilan mendengarkan kritis terhadap berbagai teks lisan formal dan nonformal.

Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS) yang Didukung:

  1. Menguasai keterampilan bahasa Arab (Mendengarkan, Berbicara, Membaca, Menulis) dengan baik.
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif dan profesional dalam bahasa Arab.
  3. Memiliki keterampilan untuk menganalisis dan memahami informasi dari berbagai teks Arab.

3. Topik dan Aktivitas Pembelajaran

Responsive Table
Pertemuan Topik Subtopik Aktivitas Pembelajaran Media & Sumber Belajar Penilaian
1 Pengantar Maharah Istima' Definisi, pentingnya keterampilan mendengarkan Ceramah, diskusi PPT, handout Kehadiran, partisipasi
2 Jenis-jenis Teks Lisan Percakapan sehari-hari, berita, pidato Mendengarkan rekaman, diskusi Rekaman audio, video Latihan mendengarkan
3 Strategi Mendengarkan Aktif Mencatat poin penting, mencari kata kunci Simulasi, diskusi Rekaman audio, teks Arab Tugas individu
4 Analisis Teks Lisan Membedakan teks faktual dan opini Diskusi kelompok Artikel lisan, video Diskusi, laporan
5 Memahami Struktur Teks Lisan Struktur kalimat dalam teks berita Mendengarkan dan mencatat Rekaman berita Tugas kelompok
6 Memahami Makna Tersirat dalam Teks Lisan Mengidentifikasi implikasi dan makna tersirat Mendengarkan dan diskusi Teks Arab, audio Tes lisan
7 Teknik Mendengarkan Efektif Teknik mendengarkan untuk berbagai konteks Simulasi, permainan peran Rekaman audio Latihan kelompok
8 Ujian Tengah Semester Evaluasi keterampilan mendengarkan Tes tertulis dan lisan Soal ujian Ujian
9 Mendengarkan Teks Berita Analisis teks berita lisan Mendengarkan, membuat ringkasan Rekaman berita Tugas individu
10 Mendengarkan Dialog dalam Film Memahami konteks dialog dalam film Menonton film, diskusi Film Arab Diskusi kelas
11 Mendengarkan dan Menganalisis Pidato Struktur dan retorika dalam pidato Mendengarkan pidato, diskusi Video pidato Tugas analisis
12 Mendengarkan Percakapan Sehari-hari Percakapan formal dan informal Simulasi percakapan Rekaman percakapan Tugas kelompok
13 Mendengarkan Diskusi Panel Menganalisis argumen dalam diskusi Mendengarkan diskusi, analisis Rekaman diskusi panel Tugas individu
14 Mendengarkan Berita Radio Memahami berita dari sumber radio Mendengarkan siaran radio Rekaman berita radio Tugas mendengarkan
15 Mendengarkan Teks Monolog Menganalisis monolog dan maknanya Mendengarkan, mencatat poin utama Rekaman monolog Tugas kelompok
16 Ujian Akhir Semester Evaluasi keterampilan mendengarkan Tes tertulis dan lisan Soal ujian Ujian akhir

4. Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok
  • Latihan mendengarkan (individual dan kelompok)
  • Simulasi dan praktik mendengarkan berbagai teks lisan
  • Penugasan mandiri dan presentasi

5. Penilaian

Komponen Penilaian:

  • Kehadiran dan partisipasi: 10%
  • Tugas harian dan latihan mendengarkan: 30%
  • Ujian Tengah Semester (UTS): 25%
  • Ujian Akhir Semester (UAS): 35%

Kriteria Penilaian:

  • Pemahaman terhadap materi teks lisan
  • Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi kunci
  • Kemampuan menganalisis dan menyimpulkan teks lisan
  • Partisipasi aktif dalam diskusi dan latihan

6. Sumber Belajar

  1. Al-Mujadid, S. (2010). Maharah Istima' dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Penerbit Al-Bayan.
  2. Abdul Wahid, H. (2015). Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Press.
  3. Badr, M. (2018). Al-Maharah al-Istima' wa al-Hadith: Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Cairo: Al-Maktabah Al-Arabiyah.
  4. Ryding, K. C. (2005). A Reference Grammar of Modern Standard Arabic. Cambridge: Cambridge University Press.
  5. Zaid, M. A. (2008). Language Teaching in the Arab World: A Modern Perspective. Beirut: Dar al-Ma'arif.
  6. Samir, A. (2020). Developing Listening Skills in Arabic Language Learners: A Pedagogical Approach. Cairo: Al-Dar al-Tarbiyah.
  7. Audio dan video pembelajaran dari sumber berita Arab seperti Al Jazeera, BBC Arabic, France 24 Arabic, dan Sky News Arabia.
  8. Rekaman percakapan bahasa Arab sehari-hari dari native speakers, diambil dari platform seperti YouTube, Al Jazeera Learning, dan Lingualism.
  9. Elyas, T. (2013). Teaching Arabic as a Foreign Language: Challenges and Strategies. Riyadh: King Saud University Press.
  10. Nassif, R. (2016). Language Acquisition and Arabic Listening Skills. Beirut: Al-Maktabah Al-Tarbiyah.
  11. Al-Hamad, N. (2017). Media-Based Arabic Listening Activities for Non-Native Speakers. Jeddah: Dar Al-Fikr.
  12. Abu-Rabia, S. (2019). The Role of Listening in Second Language Acquisition: Arabic as a Case Study. Dubai: American University Press.
  13. Rababah, G. (2015). Listening Comprehension Strategies for Learners of Arabic as a Second Language. Amman: Al-Quds Publishing.

Share This Article :
M. Abdun Jamil, M.Pd

Saya adalah seorang peminat designer blog/website, maklum masih tahap belajar. Seorang designer blog membutuhkan proses yang panjang, butuh ketelitian, kesabaran, keuletan dan yang pasti jangan menyerah, do the best.

Tambah Komentar

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;-(
:P
:o
-_-
(o)
:-s
8-)
:-t
:-b
=p~
(y)
x-)
(k)
(h)
(c)
(li)
(s)
5784226817459633728