RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Maharah Istima' bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan dalam bahasa Arab secara aktif dan efektif. Mahasiswa akan dilatih untuk memahami berbagai jenis teks lisan, baik formal maupun nonformal, melalui berbagai kegiatan seperti mendengarkan percakapan, pidato, berita, dan cerita dalam bahasa Arab. Keterampilan ini penting dalam mendukung kemampuan berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Arab.
2. Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
Setelah
mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memahami berbagai jenis teks lisan dalam bahasa Arab dengan baik.
- Mengidentifikasi informasi utama dan detail dalam percakapan dan teks lisan.
- Mengembangkan keterampilan mendengarkan aktif melalui latihan yang sistematis.
- Menggunakan strategi mendengarkan yang efektif dalam memahami konteks komunikasi bahasa Arab.
- Melatih keterampilan mendengarkan kritis terhadap berbagai teks lisan formal dan nonformal.
Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS) yang Didukung:
- Menguasai keterampilan bahasa Arab (Mendengarkan, Berbicara, Membaca, Menulis) dengan baik.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dan profesional dalam bahasa Arab.
- Memiliki keterampilan untuk menganalisis dan memahami informasi dari berbagai teks Arab.
3. Topik dan Aktivitas Pembelajaran
Pertemuan | Topik | Subtopik | Aktivitas Pembelajaran | Media & Sumber Belajar | Penilaian |
---|---|---|---|---|---|
1 | Pengantar Maharah Istima' | Definisi, pentingnya keterampilan mendengarkan | Ceramah, diskusi | PPT, handout | Kehadiran, partisipasi |
2 | Jenis-jenis Teks Lisan | Percakapan sehari-hari, berita, pidato | Mendengarkan rekaman, diskusi | Rekaman audio, video | Latihan mendengarkan |
3 | Strategi Mendengarkan Aktif | Mencatat poin penting, mencari kata kunci | Simulasi, diskusi | Rekaman audio, teks Arab | Tugas individu |
4 | Analisis Teks Lisan | Membedakan teks faktual dan opini | Diskusi kelompok | Artikel lisan, video | Diskusi, laporan |
5 | Memahami Struktur Teks Lisan | Struktur kalimat dalam teks berita | Mendengarkan dan mencatat | Rekaman berita | Tugas kelompok |
6 | Memahami Makna Tersirat dalam Teks Lisan | Mengidentifikasi implikasi dan makna tersirat | Mendengarkan dan diskusi | Teks Arab, audio | Tes lisan |
7 | Teknik Mendengarkan Efektif | Teknik mendengarkan untuk berbagai konteks | Simulasi, permainan peran | Rekaman audio | Latihan kelompok |
8 | Ujian Tengah Semester | Evaluasi keterampilan mendengarkan | Tes tertulis dan lisan | Soal ujian | Ujian |
9 | Mendengarkan Teks Berita | Analisis teks berita lisan | Mendengarkan, membuat ringkasan | Rekaman berita | Tugas individu |
10 | Mendengarkan Dialog dalam Film | Memahami konteks dialog dalam film | Menonton film, diskusi | Film Arab | Diskusi kelas |
11 | Mendengarkan dan Menganalisis Pidato | Struktur dan retorika dalam pidato | Mendengarkan pidato, diskusi | Video pidato | Tugas analisis |
12 | Mendengarkan Percakapan Sehari-hari | Percakapan formal dan informal | Simulasi percakapan | Rekaman percakapan | Tugas kelompok |
13 | Mendengarkan Diskusi Panel | Menganalisis argumen dalam diskusi | Mendengarkan diskusi, analisis | Rekaman diskusi panel | Tugas individu |
14 | Mendengarkan Berita Radio | Memahami berita dari sumber radio | Mendengarkan siaran radio | Rekaman berita radio | Tugas mendengarkan |
15 | Mendengarkan Teks Monolog | Menganalisis monolog dan maknanya | Mendengarkan, mencatat poin utama | Rekaman monolog | Tugas kelompok |
16 | Ujian Akhir Semester | Evaluasi keterampilan mendengarkan | Tes tertulis dan lisan | Soal ujian | Ujian akhir |
4. Metode Pembelajaran
- Ceramah interaktif
- Diskusi kelompok
- Latihan mendengarkan (individual dan kelompok)
- Simulasi dan praktik mendengarkan berbagai teks lisan
- Penugasan mandiri dan presentasi
5. Penilaian
Komponen Penilaian:
- Kehadiran dan partisipasi: 10%
- Tugas harian dan latihan mendengarkan: 30%
- Ujian Tengah Semester (UTS): 25%
- Ujian Akhir Semester (UAS): 35%
Kriteria Penilaian:
- Pemahaman terhadap materi teks lisan
- Ketepatan dalam mengidentifikasi informasi kunci
- Kemampuan menganalisis dan menyimpulkan teks lisan
- Partisipasi aktif dalam diskusi dan latihan
Emoticon